Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) yang Baik di Word

Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) yang Baik di Word | Tahukan sobat ontak Selain daftar isi dan daftar pustaka, salah satu hal yang tidak kalah pentingnya yang harus kita perhatikan ketika menulis buku, jurnal, atau skripsi adalah footnote atau dalam bahasa indonesianya disebut catatan kaki. Footnote merupakan sebuah keterangan di kaki halaman yang berisi sumber kutipan, pendapat, pernyataan, atau ikhtisar yang kita tulis.

Namun, terkadang tidak sedikit dari sobat mengalami kesulitan dalam membuat footnote atau catatan kaki pada saat membuat karya tulis, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini ontakontak akan membahas tutorial microsoft word bahasa indonesia Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) yang Baik di Word.

Tidak hanya itu artikel ini juga akan membahas cara penulisan footnote yang baik dan benar. Oleh karena diharapkan sobat untuk membacanya hingga selesai supaya paham cara membuat footnote yang baik dan benar.


Berikut ini adalah langkah-langkah Cata Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Word :

1. Bukan dokumen microsoft word sobat, saya anggap sobat sudah membuat dokumen, baik itu berupa makalah atau yang lainnya.
2. Letakan cursor di akhir kalimat yang ingin di beri footnote.


3. Klik menu References > Insert Footnote. Pada Footer akan muncul penulisan catatan kaki, silahkan masukan keterangan footnote yang akan dibuat.


Sampai tahap ini sobat sudah bisa membuat catatan kaki atau footnote sendiri yaitu aturan defult. Tetapi bila sobat ingin membuat variasi format footnote, caranya sebagai berikut :

1. Letakan cursor di akhir kalimat yang akan diberi footnote
2. Klik menu References > Footnote & Endnote


3. Silahkan atur sendiri pada dialog box footnote dan endnote berikut.


Penjelasan bagian-bagian pada Dialog Box Footnote dan Endnote :

1. Location 
Footnote : Pada footnote anda dapat mengatur letak sesuai dengan kebutuhan, jika ingin meletakan footnote pada akhir halaman pilih Bottom of Page atau jika ingin meletakan footnote dibawah text pilih Below Text
Endnote : Untuk mengatur letak sesuai dengan kebutuhan, jika ingin meletakan catatan di akhir halaman maka pilih End of Section atau jika ingin meletakannya di akhir document silahkan pilih End of Document
Convert : Digunakan untuk mengubah dari Footnote ke Endnote, Endnote ke Footnote, atau mengubah footnote dan endnote secara bersama-sama menjadi footnote atau endnote.

2. Format
Number : Digunakan untuk mengatur jenis penomoran yang digunakan untuk Footnote dan Endnote, terdapat 2 pilihan yaitu angka romawi dan angka biasa.
Costum Mark : digunakan untuk memberikan simbol khusus untuk menandakan footnote dan endnote, untuk memilih simbol tinggal klik pada symbol.
Start at : Digunakan untuk mengatur penghitungan banyak footnote atau endnote yang digunakan, disini dapat mengatur angka footnote memulai dari angka 1 atau dari angka berapa saja yang diinginkan.
Numbering : Digunakan untuk mengatur penomoran secara berlanjut 1, 2, 3,.... (Continuos), Jika ingin penomoran mengulang pada setiap pilihan baru maka pilih Restart each section, atau ingin penomoran diulang pada setiap halaman baru pilih Restart each page
Apply Changes to:digunakan untuk mengatur penerapan perubaha untuk menyeuruh atau tidak (whole dokument)

Demikian tutorial Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) yang Baik di Word, jika ada pertanyaan silahkan dengan cara berkomentar.

Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare kepada teman-teman sobat, supaya mereka tahu. Terimaksih.

0 Response to "Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) yang Baik di Word"

Post a Comment