Pilih Youtube atau Blog yang Lebih Gede Penghasilannya

Pilih Youtube atau Blog yang Lebih Gede Penghasilannya? Assalamu’alakum Wr. Wb. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah mengujungi blog Bang Ontak. Pada kesempatan kali ini Bang Ontak mencoba beropini tentang Pilih Youtube atau Blog yang Lebih Gede Penghasilannya.

Seperti yang kita sudah ketahui pada era globalisasi saat ini Youtube maupun blogger keduanya dapat menghasilka dollar yaitu jika youtube atau blogger terpilih menjadi publisher Adsense. Meskipun Youtube dan Blogger merupakan sama-sama produk google tetapi keduanya memiliki platform atau konten berbeda. Untuk Youtube menggunakan konten berupa video sedangkan blogger menggunakan konten berupa tulisan atau artikel.

Dan kemudian jika keduanya sama-sama menghasilkan uang, lalu Mending Pilih Youtube atau Blog? Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai opini saya.

Meskipun antara Youtube dan blogger keduanya dapat digunakan sebagai media penayang iklan, akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan yang sangat jauh, bagaikan bumi dengan langit. Dengan mengetahui perbedaan antara youtube dan bloggerlah yang nantinya menjadi pertimbangan buat sobat untuk memiliki diantara keduanya. 

1. Konten yang Sudah Jelas Berbeda

Perbedaan Youtube dan Blogger yang paling mendasar yaitu konten yang digunakan untuk menampilkan iklan, yaitu blogger menggunakan konten berupa tulisan dan Youtube menggunakan konten berupa video.

Berdasarkan fakta, 
Fakta pertama, kini orang lebih suka menonton video dari pada harus membaca tulisan, hal ini memanglah benar, saya pun lebih suka menonton video ketimbang membaca, tetapi saya lebih suka melihat video hanya sebagai media hiburan saja, seperti mendengarkan video klip, musik, menonton film dan lain sebagainya yang sifatnya hiburan. 

Fakta kedua, Tetapi untuk informasi yang lainnya ternyata orang terlebih dulu mencari informasi di blog ketimbang mencarinya di youtube. Youtube merupakan alternatif kedua jika mereka tidak mendapatkan informasi yang mereka inginkan di blog.

Jadi kedua fakta itu benar tidaknya, coba tanyakan pada diri sobat sendiri.

2. Modal Membuat Konten

Dalam proses dan biaya pembuatan konten, tentunya blog lebih mudah dalam membuatnya, bahkan hanya dengan bermodalkan hp android sobat sudah bisa membuat artikel. Biayanya pun relatif lebih irit ketimbang youtube, karena tidak terlalu membutuhkan kuota internet yang besar.

Berbeda dengan youtube, untuk membuat konten berupa video sobat membutuhkan kamera yang mumpuni, laptop dan lainnya yang dibutuhkan dalam pembuatan video yang harganya tidaklah murah. Dan sobat juga harus memiliki kemampuan editing video yang sejatinya tidak mudah. Dan sudah pasti untuk upload video membutuhkan kuota yang besar yang dapat menguras kantong, bahkan banyak para youtuber yang tidak balik modal.

3. Proses Pendaftaran Adsense

Mendaftar Adsense melalui Youtube diyakini lebih mudah dari pada mendaftar adsense melalui blogger. Benar sekali, adsense pertama saya, saya dapatkan dari youtube, hanya berbekal 3 video original saja, pendaftaran adsense saya disetujui. Tapi itu pada tahun 2014, untuk sekarang peraturan youtube sudah berubah, yaitu harus 10.000 view syarat mendaftar adsense. Sobat juga tidak perlu memasang script kode iklan di akun Youtube karena iklan sudah muncul otomatis di chanel video Youtube sobat. Yang perlu sobat lakukan hanya membuat dan mengupload video yang tidak melanggar TOS google kemudian jadikan akun Youtube sobat untuk menghasilkan uang/monetize.

4. Proses Optimasi SEO Berbeda

Jika sobat memiliki Adsense blog, untuk mengoptimalkan SEO blog Anda harus membongkar pasang kode HTML untuk menempatkan iklan di blog, bagi sobat yang belum memahami tentang kode HTML ini sangat membuat kepala pusing tujuh keliling, tetapi jangan takut sobat, lama-lama juga sobat akan paham, dan sinilah tantangannya.

Sedangkan pada akun Adsense Youtube, sobat tidak perlu bongkar pasang kode HTML, cukup memberi judul yang menarik, tag, kategori dan deskripsi pada video yang sobat upload, jika video sobat unik dan menarik chanel sobat akan kebanjiran pengunjung yang secara otomatis penghasilan sobat meningkat.

5. Potensi Klik Iklan

Pada blog, iklan bisa ditempatkan di Header, di bawah judul artikel, di tengah artikel, di akhir artikel atau di sidebar. Sering kali iklan di blog jarang sekali diperhatikan oleh pengunjung sehingga potensi klik iklan di blog lebih jarang.

Sedangkan iklan yang tampil di youtube menyediakan beberapa posisi untuk menempatkan iklan otomatis secara acak seperti di awal video, side bar video yang unggulkan dan di bawah video.

Dalam hal ini klik iklan di youtube lebih berpotensi ketimbang di blog, hal ini karena konten yang mereka lihat adalah video, jika ada sesuatu yang muncul di layar video pasti mereka langsung mengetahuinya.

6. Pendapatan berdasarkan View

Jika membandingkannya penghasilan yang didapatkan dari keduanya memanglah berbeda. Sebagai contoh chanel youtube dengan 1000 view dan blog dengan 1000 view dan memiliki BPK yang sama pula. Tetapi pendapatan blog jauh tertinggal di bawah youtube.

Kesimpulannya :

Setelah sobat membaca perbedaan di atas, tentunya sobat sudah bisa memilih, mau youtube atau blog. Fokuslah untuk membuat konten yang berkualitas. Meskipun youtube lebih berpotensi mendapat penghasilan lebih besar tapi percuma saja jika konten yang dibuat tidak berkualitas, akankanh mendapatkan penghasilan yang besar? tentu tidak. Tapi jika sobat bisa membuat artikel yang berkualitas dan banyak pengunjungnya, bukan tidak mungkin sobat mendapatkan penghasilan lebih besar dari youtube.

Tetapi, yang paling penting adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan keahlian kita sendiri. Jika sobat lebih suka menulis maka sobat lebih cocok untuk membuat blog, akan tetapi jika sobat lebih suka membuat video, sudah pasti sobat lebih cocok ke youtube.

Saya sarankan pilihlah salah satu supaya bisa lebih fokus, tetapi memilih keduanya juga merupakan sebuah pilihan jika sobat mampu. Membuat blog untuk pelengkap chanel youtube atau membuat chanel youtube untuk pelengkap blog yang keduanya saling terhubung akan sangat bagus lagi.

0 Response to "Pilih Youtube atau Blog yang Lebih Gede Penghasilannya"

Post a Comment