Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word Lebih Mudah

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Berjumpa lagi dengan blog ontakontak.com dengan ownernya si Bang Ontak yang selalu membagikan ilmu-ilmu barunya. Pada kali ini Bang Ontak akan membuat tutorial Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word Lebih Mudah.

Denah lokasi adalah adalah gambar yang menunjukan suatu tempat. Denah lokasi biasanya digunakan pada sebuah undangan pernikahan, atau sebuah laporan tertentu seperti laporan Praktek Kerja Industri. Biasanya orang-orang sering menggunakan CorelDraw atau Photoshop dalam membuat sebuah denah lokasi, tapi membuat denah lokasi dengan coreldraw atau photoshop lebih sulit dan memerlukan keahlian dibidangnya.
Sebagai alternatif bagi sobat yang ingin membuat dengan lokasi dan tidak menguasai CorelDraw atau Photoshop, Bang Ontak akan membuat tutorial Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word yang lebih simpel dan dapat dengan mudah dipahami bagi para pemula.

Berikut ini adalah Langkah-langkah Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word Lebih Mudah :

1. Silahkan buka lembar kerja baru microsoft word sobat (Dalam tutorial ini saya menggunakan office word 2010, untuk office versi yang lain caranya sama).
2. Kemudian klik menu Insert > Shapes > Pilih Rectangle


3. Silahkan Drag di lembar kerja sobat, dan sesuaikan ukurannya (sebagai contoh lihat gambar di bawah ini)


4. Kemudian jika sobat ini merubah warna shapes nya, dengan cara klik shape yang sudah dibuat > Klik Format > Atur warna Shape Fill (Warna tengah) dan Shape Outline (Warna Garis Tepi)


5. Silahkan buat kembali shape seperti di atas sesuai kebutuhan dan susun sehingga membentuk sebuah denah lokasi. (Contohnya seperti gambar di bawah ini)


6. Kemudian silahkan masukan keterangan sesuai dengan keperluan.
Ket. 
a. Untuk membuat Simbol rumah dan lain-lain
Klik Insert > Shapes > Text Box > Atur huruf/font menjadi Websding > Ketik huruf A-Z pada keyboard maka masing-masing huruf akan membentuk sebuah simbol atau icon.

b. Untuk membuat keterangan nama (seperti nama kantor PSS, Kawasan Industri KWC)
Klik Insert > Shapes > Text Box > Silahkan masukan keterangan

Baiknya atur text box menjadi transparent atau tidak berwarna caranya Klik Text Box yang sudah dibuat > Format > Atur Shape Fill dan Shape Outline menjadi No Fill.

c. Untuk memasukan simbol mata angin
Klik Insert > Shapes > Pilih 4-Point Star (atau sesuai keinginan) > Kemudian Drag dan sesuaikan ukuran
d. Untuk membuat arah panah pasti sobat sudah paham. 

Catatan : Untuk mengatur warna shapes > Aktifkan Shape yang sudah di buat > Menu Format > Atur Warna pada Shape Fill dan Shape Outline

Sampai disini artikel Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word Lebih Mudah, semoga dapat bermanfaat bagi sobat, dan bagi yang belum paham silahkan bertanya melalui komentar. Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, jangan lupa dishare ya sobat...

0 Response to "Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word Lebih Mudah"

Post a Comment