Cara Mudah Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

Sobat Ontak. Pada saat sobat menginstal ulang windows computer atau laptop menggunakan USB Installer, mungkin sobat akan mengalami kendala. Banyak sekali kendala yang mungkin terjadi, diantaranya yaitu muncul windows cannot be installed on drive 0 partition 2. Dan alasan saya membuat tutorial ini yaitu karena beberapa hari yang lalu saya sempat mengalaminya, dan dengan pengalaman itu yang mendorong saya untuk berbagi kepada sobat semua supaya tidak bingung jika sobat mengalami hal yang sama seperti saya.

Hal ini selain ditandai munculnya peringatan windows cannot be installed on drive 0 partition 2 juga ditandai dengan tombol next yang tidak mau menyala atau bahkan tidak bisa create new partition setelah partisi C di delete, sehingga tidak bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya atau tidak bisa melanjutkan penginstalan.

Tampilan Error Windows can't be installed on drive 0 partition 2
Apa yang menyebabkan munculnya beberapa peringatan windows can't be installed tersebut? Pesan error ini muncul karena jenis partisi hard disk tidak cocok dengan media instalasi yang sobat gunakan. Misalkan, sobat menggunakan USB Installer Windows dengan GPT sedangkan hard disk memiliki jenis partisi MBR. Atau sebaliknya sobat menggunakan Installer Windows dengan Format MBR sedangkan hard disk memiliki jenis partisi GPT. 

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah mengubah USB Installer Windows dengan format yang sesuai dengan partisi hard disk. Yaitu jika sobat pada waktu muncul Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 sobat menggunakan USB Installer GPT maka sobat buat ulang USB Installer menjadi MBR demikian juga sebaliknya. 

Adapun cara membuat USB Installer MBR atau GPT yaitu menggunakan program aplikasi rufus. Kenapa saya rekomendasikan menggunakan rufus, karena menurut saya lebih mudah digunakan dan lebih ringan tentunya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah mengubah USB Installer menggunakan rufus : 

1. Buka aplikasi Rufus, jika belum punya silahkan download dulu gratis.
2. Pada Icon CD silahkan cari file windowsnya
2. Pada Device Biarkan saja posisi defult
3. Pada Partition scheme and target system type
    Pilih GPT partition scheme for UEFI jika harddisk sobat menggunakan partisi GPT
    Pilih MBR partition scheme for UEFI jika harddisk sobat menggunakan partisi MBR
4. Pada File system biarkan saja defult
5. Pada Cluster size biarkan saja defult
6. Pada Volume albel biarkan saja defult
7. Pada Format options biarkan saja defult
8. Pilih Start dan tunggu sampai proses selesai


Jika proses membuat bootable selesai, silahkan dicoba untuk menginstal ulang komputer atau laptop sobat. Dan jangan lupa berdoa demi kelancaran proses menginstalnya.

Demikian artikel Cara Mudah Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2. Semoga dapat menambah manfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2"

Post a Comment