Cara Mengganti Background Pas Foto dengan Photoshop

Cara Mengganti Background Pas Foto dengan Photoshop | Penggunaan Pas Foto dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, mulai dari untuk berkas lamaran kerja sampai keperluan administrasi lainnya. Karena demikian pentingnya tempat studio foto atau cetak foto laris manis diburu pelanggan untuk membuat pas foto. Tapi ada alternatif bagi sobat yang ingin membuat pas foto sendiri, bisa mencobanya dengan hanya bermodalkan foto sendiri dan aplikasi Photoshop di komputer.

Pas Foto merupakan foto kecil yang diambil dari kepala sampai dada dengan keadaan tubuh tegak yang sering diperlukan sebagai tanda pengenal atau informasi identitas seseorang. Setiap orang pasti pernah membuat pas foto baik untuk keperluan identitas maupun sebagai pelangkap seperti foto untuk  raport, ijazah, sertifikat dan alin sebagainya. Oleh sebab itu, pas foto merupakan hal yang penting dalam kehidupan setiap orang.


Dengan adanya aplikasi Photoshop sobat tak perlu bingung lagi cara mengganti background pas foto sendiri. Karena cara yang akan saya bahas ini sangatlah simpel dan tidak begitu ribet. Bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

1. Siapkan foto yang ingin di ganti background
2. Silahkan Buka aplikasi Photoshop kemudian pilih menu File > Open > Lalu pilih foto yang sudah disediakan pada nomor 1 (atau dengan cara menekan CTRL + O.).
3. Selanjutnya gunakan Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi pada objek foto yang akan dipisahkan dari background.


4. Untuk cara menggunakan Polygonal Lasso Tool, silahkan seleksi backgound yang akan diganti, dengan cara klik mengikuti lekuk badan hingga tersambung lagi. Sehingga membentuk garis putus-putus seperti gambar di bawah ini.



6. Jika area objek foto sudah di seleksi kemudian kita akan memperhalus dahulu area objek tersebut, pilih menu select > Modify > Smooth.


7. Kemudian isikan angka 1 pixels pada kolom Sample Radios dan klik OK


8.Selanjutnya pilih menu select > Feather. 



9. Lalu isikan angka 1 pixels pada kolom Feather Radius dan klik OK.


11. Ganti Warna Background dengan cara Klik Set Background Color > Pilih Warna > Ok



12. Kemudian tekan tombol Delete untuk menghapus background foto, dan hasilnya seperti gambar di bawah.


13. Tekan tombol CTRL+D pada keyboard atau dengan cara klik kanan > Deselect untuk menghilangkan garis seleksi/putus-putus.

Sampai tahap ini sobat sudah berhasil mengganti Background pas foto dengan photoshop. Silahkan sobat untuk mempraktekannya  beberapa kali supaya lebih paham.

Untuk hasil lebih bagus, tergantung cara menyeleksi foto, jika semakin detail maka hasilnya akan semakin bagus.

Sebelum sobat menutup artikel Cara Mengganti Background Pas Foto dengan Photoshop ini silahkan bisa berdiskusi dengan berkomentar. Dan jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan dishare kepada teman-teman sobat. Terimakasih.

2 Responses to "Cara Mengganti Background Pas Foto dengan Photoshop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel