Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup

Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup - Pada kesempatan kali ini Bang Ontak akan membahas tentang Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup. Pada tutorial ini, Bang Ontak akan membuat sebuah contoh soal sederhana yang sangat mudah untuk dipahami, sehingga memungkinkan sobat lebih mudah dalam mempelajarinya. Rumus Vlookup dan Hlookup termasuk rumus yang rumit, tetapi dengan tutorial yang Bang Ontak Buat ini, saya yakin sobat dapat menguasainya.

Rumus Fungsi VLOOKUP berfungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Adapun bentuk dari penulisan fungsi vlookup yaitu =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) cara membacanya yaitu =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak tabel, nomor kolom)

Sedangkan untuk rumus fungsi HLOOKUP berguna untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Adapun Bentuk penulisan fungsi hlookup yaitu =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau cara membacanya =HLOOKUP(nilai kunci, letak tabel, nomor baris).

Supaya sobat lebih dapat memahami berikut berikut adalah Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup :

Langkah Pertama Bukalah lembar kerja baru Ms. Office Excel lalu buatlah soal sama persis seperti di bawah ini:

contoh soal vlookup dan hlookup
Untuk menjawab soal di atas, yang harus sobat lakukan yaitu mengisi pada kolom Menghitung Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi, Total Gaji, Pajak, Gaji Bersih dan Total. 

Cara Mengerjakan : 

1. Cara Menghitung Gaji pokok
Dalam menghitung gaji pokok sobat harus menggunakan fungsi VLOOKUP di sel D6. Setelah sobat mengisi rumus formula pada sel D5, sekarang copy formula atau bisa dengan drag hingga sel D10. Untuk bentuk penulisan rumus fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num)

Yang harus sobat pahami dan ketahui lookup_value diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun secara vertikal yang berguna untuk tabel bantu yang akan dibaca dengan rumus. Col_index_num yaitu nomor urut kolom untuk membaca tabel yang dimulai kolom sebelah kiri. 

Perhatian!!!! Karena “Tabel Gaji” yang akan dibaca posisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat mengcopy formula atau drag, harus ditambahkan $, yaitu untuk mengabsolutkan sel/range (Silahkan gunakan tombol F4 atau ketik secara manual untuk $).  Untuk contoh silahkan pahami gambar di bawah ini:


2. Cara Menghitung Tunjangan
Dalam menghitung pada kolom Tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E6. Dan Setelah Selesai mula di sel E6, copy formula / drag hingga sel E10, untk proses menulis formulanya silahkan simak  gambar di bawah ini :


3. Cara Menghitung Transportasi
Silahkan tulis rumus fungsi VLOOKUP di sel F6. dan setelah selesai mengisi formula di sel F6, copy formula atau drag hingga sel F10. Untuk prosesnya silahkan simak gambar berikut ini:


4. Cara Menghitung Total Gaji
Dalam menghitung Total Gaji gunakan fungsi SUM di sel G6, penulisan rumusnya =SUM(D6:F6). Setelah selesai mengisi rumus formula di sel G6, copy formula atau drag hingga sel G10. Atau bisa juga dengan langsung menjumlahkannya di sel G6 menjadi dengan pernjumlahan aritmatika sederhana =D5+E5+F5, kemudian copy ke bawah. Untuk prosesnya silahkan lihat gambar berikut ini.


5. Cara Menghitung Pajak
Dalam menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H6, setelah selesai mengisi formula di sel H6, silahkan copy formula atau drag hingga sel H10. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.


6. Menghitung Gaji Bersih
Dalam menghitung Gaji Bersih, silahkan gunakan rumus SUM di sel i6, bentunya seperti ini=SUM(G6-H6), copy formula atau drag hingga sel I10. Atau sobat juga bisa menggunakan rumus aritmatika sederhana yaitu =G5-H5, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel I10. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.


7. Cara Menghitung Total
Dalam menghitung “Total” masing-masing bagian yang telah sobat kerjakan sebelumnya, dengan menggunakan fungsi SUM di sel D11 yaitu =SUM (D6:D10), copy formula atau drag ke samping kanan sampai ke I11. Untuk hasil akhir dari soal ini, lihat gambar berikut.



Sampai disini artikel Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih.

0 Response to "Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel