5 Cara Menggunakan VPN di PC, Wajib Coba!

Virtual Private Network atau VPN sangat membantu untuk membantu membuka situs web yang terblokir atau tidak bisa diakses di wilayah tertentu. Dengan menggunakan VPN, lokasi dari suatu IP Address akan disamarkan sehingga situs web yang semula tidak bisa dibuka menjadi bisa dibuka. Maka, penting untuk mengetahui cara menggunakan VPN di PC (Personal Computer) supaya berbagai aktivitas yang mengharuskan untuk mengunjungi berbagai situs web menjadi tidak terkendala. 



Saat ini, VPN telah digunakan orang - orang di seluruh dunia untuk merasakan manfaatnya. Sebab selain dapat membuka berbagai situs web yang terblokir, VPN juga mampu menjamin konektivitas internet yang aman bagi para penggunanya. Lalu, bagaimana cara menggunakan VPN di PC? Simak penjelasan berikut ini:

1. Buatlah Akun VPN 

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun VPN dengan mengunjungi situs web tcpvpn.com. Setelah masuk ke situs web tersebut, pilihlah lokasi server yang tersedia seperti Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa. 

Jika sudah memilih lokasi server, selanjutnya pilihlah negara bagian dari server tersebut. Misalnya, dalam server Asia bisa dipilih negara Singapura, Jepang, Korea, dan lain - lain. Kemudian buatlah username beserta dengan passwordnya lalu klik create account dan akun VPN siap digunakan untuk aktivasi di Windows 10.
 

2. Aktivasi VPN di Windows 10 

Setelah berhasil membuat akun VPN, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengaktivasi VPN supaya bisa digunakan untuk PC yang menggunakan sistem operasi windows. Kali ini, proses yang dilakukan tentu saja dengan mengubah pengaturan windows. 

Pertama - tama, bukalah pengaturan pada windows setting lalu klik 'Network & Internet'. Kemudian, buka menu VPN lalu klik 'Add VPN Connection'. Pada langkah ini akan muncul beberapa kolom, tetapi hanya kolom IP address dan server VPN saja yang kosong, maka isilah kedua kolom tersebut dengan benar lalu tekan tombol 'save'. 

Bagi pengguna yang tidak mengetahui IP adress jangan khawatir, kunjungi saja situs web whatismyip.com untuk mengeceknya. Setelah itu, buka kembali profil VPN di PC lalu klik 'Connect'. Pada tahap ini, PC sudah bisa menggunakan VPN dan membuka berbagai situs web yang sebelumnya tidak bisa diakses. 

3. Aktivasi VPN di Windows 7 

Tak dapat dipungkiri, meskipun saat ini sistem operasi PC yang paling banyak digunakan adalah Windows 10 tetapi tak sedikit juga yang masih menggunakan Windows 7. Dalam mengaktivasi VPN di Windows 7, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat koneksi baru yang dapat diatur di Control Panel. 

Masukan IP Address pada menu Connect to Workplace lalu klik Next untuk mengaktifkan VPN. Jika VPN telah terkoneksi, jaringan akan berstatus connected. 

4. Menggunakan VPN dengan Software 

Salah satu cara menggunakan VPN di PC yang juga dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengandalkan bantuan software. Saat ini ada berbagai macam pilihan software untuk dapat menggunakan VPN, tetapi software yang paling banyak penggunanya adalah Psiphon. 

Setelah terinstal di PC, buka software Psiphon dan pilih lokasi server yang akan digunakan. Setelah itu, klik tombol connect lalu tunggu proses konfigurasi selesai lalu VPN siap digunakan. 

5. Menggunakan VPN Melalui Extension Browser 

Selain mengubah pengaturan windows dan menggunakan software, cara lainnya untuk dapat mengakses VPN yaitu memasang atau menginstal extension pada browser. Salah satu rekomendasi extension yang dapat digunakan adalah Touch VPN. 

Setelah mendownload dan menginstalnya, buka Touch VPN di menu bar browser lalu klik tombol connect. Pada tahap ini, Touch VPN akan mencoba menghubungkan dengan browser dan memakan waktu kurang lebih sekitar 10 detik. Setelah Touch VPN dan browser saling terhubung maka VPN sudah siap digunakan. 

Itulah 5 cara menggunakan VPN di PC yang mudah dan wajib dicoba bagi para pengguna internet. VPN memang sangat membantu dalam mengakses informasi dari situs web yang tidak dapat diakses.

0 Response to "5 Cara Menggunakan VPN di PC, Wajib Coba!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel