Ini 5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa dibuka di Android

Terdapat dua jenis aplikasi di Android, yang pertama yaitu aplikasi bawaan kemudian yang kedua yaitu aplikasi tambahan. Dimana aplikasi bawaan adalah yang telah ada di ponsel itu dari pabriknya. Sedangkan aplikasi tambahan adalah aplikasi yang diinstal oleh pengguna sendiri sesuai keinginan. Namun, ternyata terdapat kasus dimana aplikasi tidak dapat dibuka. Berikut terdapat cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android, langsung saja.
1. Menghapus Cache Memori

Cara yang paling mudah yaitu dengan menghapus cache memori. Cache memory merupakan file sementara yang apabila tidak dilakukan penghapusan secara berkala, maka lama-kelamaan akan terus menumpuk pada memori android menjadi sampah.

Untuk menghapus cache memori dapat memanfaatkan aplikasi clean master. Aplikasi ini bisa menghapus cache memori dengan satu klik. Selain itu terdapat juga cara manual untuk menghapus cache memori melalui beberapa langkah.

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android yaitu dengan menghapus Cache. Langkah pertama yaitu klik pada menu pengaturan, klik pada pengaturan tambahan, cari pengaturan aplikasi kemudian temukan nama aplikasinya. Setelah itu pilihlah opsi hapus cache.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Gunakan fitur clear data atau force stop yang ada pada semua versi OS Android untuk menghapus secara paksa pada aplikasi yang tidak bisa dibuka. Tentu saja semua data pada aplikasi yang bersangkutan akan hilang seperti riwayat pencarian, cache memori, penyimpanan dan lainnya.

Berikut cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android dengan menghapus Data Aplikasi Android. Pertama Klik pada menu Pengaturan,  pergi ke Pengaturan Tambahan, setelah itu pilih opsi pengaturan Aplikasi. Temukan nama aplikasi yang ingin dicari lalu pilih tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Ganti Dengan Versi Lain

Apabila telah menginstall aplikasi secara manual namun tidak bisa dibuka. Hal itu bisa terjadi karena mungkin saja file Apk yang didownload tidak kompatibel dengan OS Android yang dimiliki pengguna.

Maka langkah pertama adalah tekan menu Pengaturan,  pergi ke Pengaturan Tambahan, setelah pilih itu opsi Manajemen Aplikasi. Temukan aplikasi yang ingin dihapus kemudian pilih opsi Paksa Berhenti dan Hapus Instalasi. Setelah itu install ulang atau download lagi aplikasi tersebut.

4. Bisa Jadi Aplikasi Tidak Kompatibel

Aplikasi yang tidak bisa dibuka bisa saja karena aplikasi tidak mendukung untuk dibuka pada ponsel pengguna. Misal saja contohnya adalah seperti Samsung Music.

Meskipun aplikasi satu ini tersedia di playstore, namun ternyata aplikasi satu ini hanya bisa digunakan bagi pengguna pemilik ponsel samsung. Hal ini tentu saja perlu diperhatikan, agar tidak terjadi kelalaian yang membuat ponsel menjadi error atau bahkan dalam beberapa kasus bisa merusak ponsel akibat force close.

5. Developer Aplikasi Tidak Melakukan Pembaruan

Seperti yang diketahui oleh khalayak ramai OS Android terus melakukan pembaharuan. Bahkan sekarang telah sampai pada versi Pie. Dimana Android selalu mengutamakan OS yang dipakai, sehingga android tidak akan pernah usang termakan oleh waktu.

Namun hal itu, ternyata menyebabkan beberapa masalah. Salah satu diantaranya adalah tidak dapat membuka beberapa aplikasi. Sebenarnya yang menjadi masalah adalah aplikasi tersebut yang belum melakukan pembaharuan tingkat versi OS.

Terkadang pada kasus ini terjadi banyak error dan membuat aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan secara lancar. Maka cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android ini, yang dapat dilakukan apabila mengalami kasus seperti ini adalah menghubungi customer service developer untuk meminta meningkatkan versi aplikasi menjadi lebih tinggi agar dapat dijalankan dengan lancar.

Cara-cara diatas dapat digunakan oleh pengguna untuk menerapkan pada semua perangkat Android apabila terjadi masalah tidak bisa membuka aplikasi. Walaupun tidak semua cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android ini dapat digunakan. Namun, pengguna dapat menyesuaikan pada cara yang tepat yang telah dibahas sehingga pengguna akan bisa membuka aplikasi yang tadinya tidak bisa dibuka.

 

 

0 Response to "Ini 5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa dibuka di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel