5 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi yang Bisa Dilakukan

WiFi melambat merupakan kendala saat beraktivitas menggunakan koneksi internet dan hal tersebut sangat mengganggu. Maka harus menemukan cara mempercepat koneksi internet WiFi agar lancar untuk digunakan. Sehingga saat digunakan untuk segala keperluan yang berhubungan dengan koneksi, bisa teratasi dengan baik. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat internet koneksi WiFi.


1. Cek Antena Router

Jika memang sudah mempunyai router untuk digunakan secara pribadi, namun bisa jadi ada kendala pada router tersebut. Jika terjadi masalah seperti router rusak, maka solusinya dengan melihat antena router. Cara kerja router pada bagian antena juga bisa digunakan sebagai alat bantu untuk memperlancar koneksi WiFi. 

Tentunya setiap router yang ada memiliki spesifikasi yang berbeda serta hasil kecepatan berbeda pula. Hal ini juga bergantung pada merk, kualitas, serta kecepatan yang dihasilkan oleh router. Maka lakukan cek pada arah antena router apakah sudah baik dan sesuai. Sehingga setelah sesuai dan benar maka akan semakin optimal untuk membuat kecepatan Internet lancar saat digunakan. 

2. Pakailah Software untuk Analisa Sinyal WiFi

Jika ingin memperlancar aliran internet maka cara mempercepat koneksi internet WiFi yaitu menggunakan sebuah software. Software ini bisa diperoleh gratis guna menganalisa bagaimana WiFi bekerja dan berfungsi kanal mana yang sering digunakan. Pentingnya pengaturan agar melihat dan mengendalikan kanal tersebut untuk kelancaran. 

Jika sudah melihat kanal mana yang biasa digunakan, aturlah pada router pengguna yang selanjutnya bisa memperlancar WiFi. Masing-masing kanal ini memang memiliki sistem tersendiri untuk terkoneksi pada router. Maka ketika sudah diatur dengan baik sehingga aliran koneksi WiFi akan lancar ke depannya. 

3. Cek Kecepatan Internet

Jika menghadapi koneksi WiFi yang lemot maka harus paham kenapa hal tersebut terjadi pada jaringan yang digunakan. Yaitu cobalah untuk mengecek apakah kecepatan WiFi yang digunakan stabil, namun ternyata tidak ada masalah pada router kemungkinan dari layanan internet itu sendiri. 

Maka sebaiknya pilihlah koneksi internet yang baik dengan memilih provider atau merk yang bagus. Serta sudah terjamin kualitasnya untuk bisa menghasilkan jaringan WiFi internet yang terbaik. Sehingga masalah lemot jaringan bisa teratasi bukan karena routernya, namun dari providernya. 

4. Atur QoS

Untuk yang menggunakan windows 8 dan seri atasnya maka secara umum akan teralokasi 20% penggunaan bandwidth untuk windows update dan 80% untuk penggunaan internet. Maka perlu dipahami oleh pengguna ketika harus menemukan cara mempercepat koneksi internet WiFi di laptop. Yaitu dengan melakukan pengaturan ulang atau merubah pengaturan yang ada di QoS tersebut. 

Caranya dengan pilih start kemudian run dan masukkan gpedit.msc kemudian klik Local Computer Policy. Pilih computer configuration lanjut dengan administrative templates. Selanjutnya klik network dan QoS Packet Scheduler lakukan double klik di Limit Reservable Bandwidth. Lanjut klik menu enable masukkan angka 0 di bandwidth limit kemudian apply, terakhir restart computer. 

5. Pilih Tempat dengan Sinyal Kuat

Pastikan pada saat meletakkan router harus memahami tempat yang bisa memperoleh sinyal kuat. Jangan sampai terhalang besi atau tembok, bisa memanfaatkan alat berupa repeater. Fungsi adanya repeater ini sebagai penangkap sinyal kemudian memancarkannya agar sinyal WiFi lancar yang diletakkan di tempat minim sinyal. 

Selanjutnya router harus jauh dari benda yang menggunakan Bluetooth, atau microwave dan lainnya. Beberapa barang memang bisa menyebabkan kinerja dari sinyal WiFi terhambat serta menurun. Yang pada akhirnya WiFi jadi lemot atau tidak lancar saat digunakan oleh pengguna. 

Pentingnya cara mempercepat koneksi internet WiFi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas saat ini. Sudah pasti internet menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting dan mendesak kini. Jadi, koneksi WiFi yang lancar tanpa lemot menjadi prioritas utama untuk tetap berjalan dengan baik. 

0 Response to "5 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi yang Bisa Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel