Bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Error? Yuk Kepoin!

Bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Error? Yuk Kepoin! 

Sebagai salah satu komponen yang penting, keyboard hendaknya dijaga sebaik mungkin. Sangat menyebalkan ketika laptop digunakan dan keyboard tiba-tiba error. Tentunya dibutuhkan penanganan yang tepat, sehingga bisa kembali membaik. Lalu, bagaimana cara memperbaiki keyboard error? Berikut ini informasi lengkapnya: 


1. Merestart Laptop 


Cara pertama yang bisa dicoba yakni dengan cara merestart laptop. Setiap masalah pada laptop biasanya bisa diatasi dengan restart laptop. Jika proses restart tidak bisa dilakukan melalui cara yang tertib, maka lakukan dengan menekan tombol power pada laptop. Jika setelah merestart laptop masih error, maka bisa mencoba cara lainnya dalam mengatasi keyboard error. 

2. Cek Num Lock 


Tidak sedikit pengguna yang menemukan keyboard error karena Num Lock dalam kondisi aktif. Hal ini terjadi disebabkan menekan kombinasi beberapa tombol baik disadari maupun tidak. Ketika Num Lock dalam kondisi aktif, secara otomatis, karakter yang keluar pada keyboard pun akan berbeda. Untuk mematikannya, cukup tekan bersamaan tombol Fn dan Num Lk. 

3. Lakukan Pengecekan pada Konektor 


Cara memperbaiki keyboard error lainnya yakni dengan mengecek konektor. Tidak jarang keyboard error disebabkan konektor yang bermasalah. Lakukan pengecekan, apakah konektornya rusak atau tidak. Selain itu, kondisi konektor yang renggang maupun tertekuk pun bisa menyebabkan keyboard error. Solusinya, yakni harus menghubungkan konektor secara tepat dan benar. 


4. Periksa Bagian Driver 


Selain cara di atas, diharuskan untuk memeriksa driver. Keyboard yang rusak bisa disebabkan driver yang bermasalah. Hal ini bisa terjadi ketika menginstal suatu software dan terkena virus. Lakukan pengecekan di bagian Device Manager, lalu pilih opsi bagian keyboard. Driver yang bermasalah ditandai dengan adanya tanda segitiga berwarna kuning, pertanda bahwa driver harus diperbaiki. 

5. Melakukan System Restore 


Lakukan system restore, jika memang keyboard mengalami error. Jika windows yang digunakan Windows 8 dan 7, maka bisa mengikuti cara berikut yakni start menu, ketikkan Recovery pada menu search. Adapun untuk Windows 10 yakni dengan membuka RUN, dilakukan dengan menekan tombol WinKey+R secara bersamaan. Selanjutnya, ketikkan System Protection Properties dak pilih opsi System Restore. 

6. Lakukan Pengecekan pada Hardware 


Cara lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pengecekan pada bagian hardware. Secara umum, hambatan yang terjadi bisa disebabkan baterai laptop yang terlalu panas, menekan tombol keyboard dalam waktu yang sering, terkena debu ataupun kotoran. Hal ini bisa memberikan dampak buruk pada keyboard yang sedang digunakan. 

7. Mengganti Keyboard Bawaan 


Ketika terjadi error pada keyboard, cara lainnya yang bisa dicoba yakni dengan mengganti keyboard bawaan. Hal ini dilakukan ketika beberapa tuts tidak berjalan semestinya, meski sudah diperbaiki. Untuk mencari pengganti keyboard bawaan, saat ini sangat mudah dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan toko online yang ada. Carilah keyboard sesuai dengan tipe laptop yang digunakan. 

8. Membersihkan Keyboard Secara Rutin 


Cara lainnya yakni dengan membersihkan keyboard secara rutin. Hal ini patut diperhatikan sebaik mungkin guna menjaga keyboard dengan baik. Bersihkan keyboard dari debu dan kotoran yang biasanya terselip di antara tombol-tombol keyboard. Gunakan pembersih khusus dengan vacum kecil guna menyingkirkan debu yang menempel pada tombol keyboard. 

Selain itu, jika laptop terkena air, maka harus dibersihkan hingga bagian dalamnya. Lakukan pencopotan pada setiap tombol dan bersihkan dengan cotton buds yang dicelupkan pada alkohol. 

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki keyboard error yang bisa dicoba. Setiap tahapan hendaknya dilakukan dengan penuh hati-hati guna terhindar dari masalah baru yang bisa timbul. Selain itu, lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Jadi, jagalah keyboard dengan cara melakukan perawatan secara rutin. 

0 Response to "Bagaimana Cara Memperbaiki Keyboard Error? Yuk Kepoin!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel