Cara Membuat Dropdown List di Word

www.ontakontak.com | Cara Membuat Dropdown List di Word | Seperti yang kita ketahui pemformatan di microsoft word sangatlah banyak. Semakin banyak menguasai pemformatan di microsoft word maka semakin mudah dalam mengoperasikannya. Di microsoft word terdapat salah satu pemformatan yaitu dropdown list. Dropdown adalah sebuah menu yang berisikan sekumpulan pilihan yang telah diatur sebelumnya dengan format memanjang ke bawah. Dengan dropdown kita dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang sebelumnya sudah diatur dan ditentukan.

Biasanya yang dibuat dropdown list diantaranya pilihan tingkat pendidikan, jenis kelamin dan yang lainnya dengan kriteria tertentu. Pemanfaatan dropdown list biasanya di gunakan dalam pengisian formulir atau data. 


Manfaat dropdown list yaitu sobat tidak perlu repot-repot mengetik, sobat tinggal memilih yang sudah ada di dropdown list. Misalkan membuat dropdow list pendidikan, maka terdapat pilihan SD, SMP, SMA, D3, S1 dan seterusnya. Berikut ini adalah Cara Membuat Dropdown List di Word.

Langkah-langkah Membuat Dropdown List di Word 

1. Bukalah dokumen baru microsoft word, dan ketiklah data yang dibutuhkan oleh sobat.

2. Pastikan menu Developer sudah tersedia/tampil di microsoft word sobat. Jika belum tersedia klik File > Options > Customize Ribbon > Ceklist Developer


3. Untuk membuat Dropdwon, letakan cursor tempat dimana dropdown akan dibuat.

4. Klik menu developoer > Pilih Combo box content control 


5. Kemudian Klik Properties


6. Beri Judul/Title > Klik add > Ketikan Tingkat Pendidikan satu persatu dari SD, SMP dan seterusnya hingga selesai.


7. Untuk keamanan supaya data tidak dirubah oleh orang lain, Klik menu Developer > Restrict Editing

8. Akan muncul kotak untuk mengatur password, ini dapat diisi agar tidak sembarangan orang dapat mengganti menu dropdown atau dapat dikosongkan saja untuk mempermudah melakukan editing, langsung klik OK.

10. Sampai tahap ini sobat sudah berhasil membuat menu dropdown.

9. Untuk melakukan editing, klik pada Protect Document Kemudian klik Stop Protection.

Bagi sobat yang lebih suka belajar dengan melihat video, saya juga membuat tutorial Cara Membuat Dropdown List di Word versi video.

Demikian tutorial tentang Cara Membuat Dropdown List di Word. Apabila masih bingung dengan langkah-langkah di atas, silahkan tulis komentar, semoga saya bisa menjawab dengan lebih jelas. Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada teman-teman sobat supaya mereka tahu. Terimakasih.

1 Response to "Cara Membuat Dropdown List di Word"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel