Cara Membuat Denah Lokasi dengan Paint

www.ontakontak.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini Bang Ontak akan membuat sebuah tutorial sederhana Cara Membuat Denah Lokasi dengan Paint, pada pembahasan sebelumnya Bang Ontak telah membuat artikel tutorial Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word.

Paint adalah program aplikasi pengolah gambar bawaan windows yaitu aplikasi yang sudah tersedia disaat sobat menginstal windows. Meskipun Paint adalah program aplikasi yang sederhana, tetapi paint sangat bermanfaat, salah satunya yaitu untuk membuat Denah Lokasi.

Denah lokasi adalah gambar yang menunjukan sebuah lokasi suatu tempat yang disertai dengan sebuah icon-icon/simbol sebagai petunjuk arah. Denah lokasi yang paling sering dijumpai yaitu pada undangan sebuah pernikahan.

Bang Ontak rasa sobat sudah mengerti apa itu Paint, jadi langsung saja ke pembahasan Cara Membuat Denah Lokasi dengan Paint. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.



1. Silahkan buka program aplikasi paint dengan cara Klik Start > All Program > Accesories > Paint


2. Jika Paint sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah membuat denah lokasi
3. Pada Shapes Pilih Line > Klik Size (untuk ukuran Line/Garis) > Pilih Warna/colors
Silahkan Drag dan bentuk Line/Garis sesuai dengan keinginan Sobat (Supaya Line/Garis tetap lurus, saat Drag sambil menekan tombol Shift)


4. Jika garis sudah terbentuk menjadi denah, langkah selanjutnya adalah memberi icon-icon yang diinginkan (icon yang dimaksud seperti Sekolah, Masjid, Lapangan, Rumah, Dll)
5. Cara membuat icon yaitu Klik Text > Ganti font/huruf menjadi Websdings > silahkan masukan huruf A-Z yang setiap hurufnya akan berubah menjadi icon rumah dan lain-lain.


7. Jika icon/simbol sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah memberi keterangan setiap simbol/icon. Caranya yaitu Klik Text > Drag dilokasi yang akan diberi keterangan > silahkan masukan text (Pilih jenis font normal seperti calibri, Arial dll). Dan silahkan masukan simbol-simbol yang diperlukan seperti tanda panah, atau arah mata angin dengan menggunakan Shapes.


Sampai tahap ini sobat sudah bisa membuat denah lokasi menggunakan paint. Sekarang tinggal sobat praktekan dan kreasikan supaya hasilnya menjadi lebih bagus.

Demikian tutorial Cara Membuat Denah Lokasi dengan Paint, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang menuntut ilmu. Dan jangan lupa untuk dishare kepada yang lain supaya mereka juga tahu. Terimakasih

1 Response to "Cara Membuat Denah Lokasi dengan Paint"

  1. What is a paint calculator? A Paint Calculator is generally an online tool that helps a homeowner to select the paint depending upon the area.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel