Mudah Digunakan, Begini Cara Mengecilkan Resolusi Video di Hp Android dan Iphone

Menyimpan file video yang terlalu besar, terkadang bisa menyebabkan kehabisan ruang penyimpanan. Tak jarang, hal ini juga membuat perangkat menjadi lebih lambat dan sulit dijalankan. Meski begitu, ada cara mengecilkan resolusi video di hp yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Cara ini bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi ukuran file yang terlalu besar.  Apalagi dengan maraknya berbagai video yang beredar di media sosial seperti whatsapp, instagram, tiktok bahkan facebook membuat seseorang ingin untuk menyimpannya di hp.

Bahkan, video-video tersebut seringkali ingin diunggah kembali di media sosial yang dimiliki. Lalu, bagaimana cara mengecilkan resolusinya tanpa mengurangi kualitas video di hp tersebut? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Aplikasi  Video Converter Android

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi Video Converter Android yang ada di hp melalui google playstore. Langkah kedua, setelah mengunduh aplikasi tersebut di hp. Instal aplikasi tersebut di hp sehingga terinstal di hp. Langkah ketiga yaitu buka aplikasi tersebut, lalu pilih video yang ingin dikecilkan resolusinya.

Kemudian, pilih video yang dikecilkan ukurannya dengan cara memilih tombol convert yang terletak di sisi bawah. Atur dan sesuaikan keinginan. Selanjutnya, ubah format default menjadi manual dan sesuaikan dengan seluruh pengaturan yang diinginkan. Pilih start yang ada di bagian bawah untuk memulai proses mengecilkan ukuran video. Tunggu hingga prosesnya selesai. Dan video yang ingin dikecilkan resolusinya telah siap.

2. Menggunakan Panda Video Compressor

Cara lain yang bisa digunakan di hp android adalah dengan menggunakan aplikasi yang sama-sama dapat diunduh di hp android. Aplikasi ini bernama Panda Video Compressor. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah video yang berukuran besar menjadi lebih kecil, sehingga hemat ruang penyimpanan. Berikut langkah-langkah yang bisa digunakan dengan Panda Video Compressor:

Pertama, Unduh dan buka aplikasi. Kedua, Pilih video yang telah ditentukan. Setelah video dipilih, tentukan resolusi yang diinginkan dari video tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Selanjutnya, klik compress. Tunggu sejenak hingga prosesnya selesai. Karena waktu prosesnya bergantung pada besar kecilnya ukuran video.

3. Menggunakan VidCompress di Iphone

Selain di android, ada cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan resolusi video di Iphone. Salah satu aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang terbaik yaitu VidCompress. Aplikasi ini bisa secara efektif untuk mengecilkan ukuran video di hp Iphone. Berikut langkah-langkah mengecilkan ukuran video dengan VidCompress di Iphone:

Pertama, unduh aplikasi VidCompress melalui di appstore. Kemudian, instal langsung aplikasi tersebut di hp Iphone. Selanjutnya, pilih video yang akan dikecilkan dengan memilihnya dari galeri penyimpanan Iphone.. Setelah itu, pilih OK pada bagian pojok kanan atas layar. Lalu, tunggu proses pengecilan video hingga selesai. Terakhir, jangan lupa cek perubahan ukurannya agar sesuai dengan keinginan.

4. Secara Online Melalui Resize.com

Cara mengecilkan resolusi video di hp lain yaitu dengan melalui situs online dan dilakukan dengan secara online. Situs ini adalah  https://resize.com. Adapun cara-caranya antara lain:

Pertama, Buka browser yang ada di hp. Kedua, Masuk ke lama https://resize.com. Setelah berhasil masuk ke situs, klik choose file. Kemudian, pilih video yang ingin diperkecil dan klik open.

Apabila telah selesai, pilih ukuran yang diinginkan. Lalu, klik  resize. Tunggu prosesnya selesai untuk mengecilkan video hingga selesai. Langkah selanjutnya, klik download. Hasil video yang telah diprose secara langsung akan terdownload dan tersimpan di google drive.

5. Melalui Situs Online Videosmaller

Cara mengecilkan resolusi video tanpa aplikasi dapat dilakukan melalui situs videosmaller. Cara ini bisa dilakukan dari hp ataupun laptop. Namun, jika dalam keadaan yang mendesak, melalui hp pun tetap bisa berjalan dan hasilnya juga dengan laptop.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu masuk ke laman https://www.videosmaller.com. Kemudian pilih video yang akan dikecilkan. Atur ukuran yang diinginkan. lalu, pilih upload video. Setelah itu, hasilnya dapat dilihat di bagian downoad file.

Itulah cara mengecilkan resolusi video di hp android maupun Iphone. Cara tersebut terbilang mudah dan praktis tanpa harus repot untuk membuka laptop terlebih dahulu dan memindahkan file dari hp ke laptop. Aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan juga terbilang mudah digunakan untuk mengecilkan resolusi video di hp. Untuk mendapatkannya pun gratis tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun.

0 Response to "Mudah Digunakan, Begini Cara Mengecilkan Resolusi Video di Hp Android dan Iphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel