Cara Menulis Arab di Ms. Word

Cara Menulis Arab di Ms. Word. Menulis arab itu seperti menulis soal matematika, gampang-gampang susah. Kuncinya yaitu harus tlaten dan sabar, karena menulis arab tidak seperti mengetik huruf latin yang cepat selesai, terlebih lagi bahasa arab bukanlah bahasa nasional kita. Karena sebuah pengalaman pribadi tentang menulis arab, Bang Ontak tertarik untuk membagikannya kepada sobat semua supaya jika sobat mempunyai masalah yang sama dengan saya bisa cepat teratasi.

Bagi yang belum terbiasa pasti bingung bagaimana menulis arab di Ms. Word atau yang lainnya. Tenang saja Bang Ontak sekarang sudah punya trik yang mudah untuk dipahami.


Sebelum sobat menulis tulisan arab, sebelumnya sobat harus mengaktifkan terlebih dahulu keyboard arabicnya. Disini saya menggunakan windows 7, bagi sobat yang menggunakan windows lain, caranya sama saja tidak jauh berbeda, tinggal pemahaman sobat saja.

1. Pilih start → control panel kemudian pilih pada clock, language and regional pilih Change keyboard or other input methods maka akan muncul tampilan berikut ini.


2. Pilih change keyboard… kemudian pilih add → pilih arabic (arab Saudi arabia) →  keyboard → ceklis arabic (101) → ok. Lihat gambar di bawah ini.

 

3. Kemudian klik Ok mungkin sampai 3 kali, maka akan muncul icon seperti gambar berikut ini di pojok kanan bawah taskbar.


4. Untuk mengubah keyboard EN (English US) ke AR (Arabic Saudi Arabia) tinggal klik icon tersebut/tekan Shift+Alt, kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia) dan sebaliknya.


1. Bukan dokumen baru Ms. Word

2. Aktifkan keyboard Arabic caranya klik icon EN di taskbar/tekan Shift+Alt, kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia)


3. Kemudian tinggal mengetik tulisan arabnya di word

Jika sobat ingin lebih mudah dalam menulis arab, silahkan gunakan keyboard virtual, bagi yang belum tahu silahkan buka tutorial cara menampilkan keyboard virtual.

Demikian tutorial cara menulis arab di Ms. Word, semoga dapat menambah manfaat bagi sobat semua. Terimakasih.

0 Response to "Cara Menulis Arab di Ms. Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel