Cara Menghemat Baterai Xiaomi Terampuh

Menurunnya baterai handphone sering mencemaskan penggunanya. Untungnya akhir-akhir ini sudah banyak handphone yang hemat baterai., termasuk Xiaomi dengan kapasitas baterai 4.000 mAh keatas. Semua handphone Xiaomi juga telah dilengkapi fitur pengisian cepat 15W. Tetapi charger bawaan belum mendukungnya, sehingga penggunanya tetap harus menggunakan banyak cara menghemat baterai Xiaomi.


Baterai handphone Xiaomi umumnya merupakan baterai tanam, jadi akan sulit untuk diganti.  Untuk dapat mengganti perangkat keras handphone pun dibutuhkan biaya yang tak sedikit.  Demi mencegah terjadinya hal itu, sebaiknya pengguna tetap menjaga kesehatan baterai. Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat baterai Xiaomi:

1. Mengaktifkan Fitur Sleep Display

Meskipun setiap handphone Xiaomi dilengkapi dengan fitur sleep display, namun banyak yang belum mengetahui maupun menggunakannya. Fitur ini berkemampuan untuk mematikan handphone di jam-jam tertentu sesuai keinginan. Dengan begitu, konsumsi baterai pun akan jadi lebih hemat.

2. Mengaktifkan Fitur Power Saving

Fitur ini membuat handphone hanya dapat menjalankan aplikasi ringan yang tidak terhubung ke internet. Selain itu, fitur ini juga mampu meredupkan layar handphone Xiaomi. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah. Cukup masuk ke menu Security, lalu pilih Power, kemudian klik Battery Saver, dan akhirnya klik Switch ON Battery Saver.

3. Membersihkan Files

Terlalu banyaknya file yang tidak berguna bisa memenuhi memori internal. Hal itu dapat memberatkan kinerja handphone Xiaomi. Dengan keberatan itulah, konsumsi baterai handphone jadi lebih boros. Jadi, gunakanlah waktu luang untuk membuang files yang tidak lagi penting.

4. Menggunakan Fitur Auto Close

Cara ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur auto close untuk setiap aplikasi.  Fitur yang bisa ditemukan di pengaturan baterai ini sangat bermanfaat untuk para pengguna yang ingin menghemat baterai maupun tidak ingin memakai handphone untuk multitasking. 

5. Menonaktifkan Beberapa Fitur

Cara menghemat baterai Xiaomi selanjutnya adalah dengan menonaktifkan Wifi, Bluetooth, dan GPS usai pemakaian. Banyak pengguna yang lupa untuk menonaktifkan 3 fitur ini. Padahal apabila pengguna masih mengaktifkan fitur itu setelah selesai dipakai, setiap fitur itu akan terus beroperasi sesuai fungsinya. Hal itu akan turut memboroskan konsumsi baterai.

6. Mengatur Tingkat Kecerahan

Cara efektif selanjutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan handphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan handphone, maka akan semakin tinggi pula tingkat konsumsi baterainya. Bagi pengguna yang takut lupa untuk mengatur tingkat kecerahan, maka bisa mengaktifkan fitur kecerahan otomatis. Dengan begitu, handphone dapat menyesuaikan kecerahan dengan keadaan. 

7. Menonaktifkan Fitur Location Service untuk Google

Masih banyak pengguna yang tidak menyadari hal ini. Location Service untuk Google memiliki kinerja yang serupa dengan GPS. Jika tetap diaktifkan, maka fitur ini akan terus bekerja setiap detik untuk memberikan informasi terkait lokasi handphone pengguna. Jadi, untuk menghemat baterai, fitur yang satu ini pun harus dinonaktifkan usai penggunaan.

8. Menggunakan Charger Asli

Cara untuk menghemat baterai Xiaomi yang selanjutnya adalah lewat penggunaan charger Xiaomi yang asli. Hal itu akan turut membantu untuk menjaga umur baterai bertahan lebih lama. Penggunaan charger yang palsu akan merusak baterai handphone karena ketegarannya yang tidak stabil. Maka, jangan pernah tergoda untuk membeli charger palsu, meskipun harganya murah.

9. Menonaktifkan Suara

Suara yang muncul dari handphone akan turut memboroskan tingkat pemakaian baterai. Suara mungkin saja diaktifkan agar tidak ada pesan atau panggilan yang terlewat. Maka, untuk mengatasinya, pengguna bisa mengaktifkan mode getar saat tidak menantikan pesan atau panggilan dari siapa pun. 

Itulah 9 cara menghemat baterai Xiaomi terampuh yang patut dicoba. Lakukan setiap cara ampuh di atas untuk dapat menghemat baterai handphone Xiaomi, jangan sampai ada satu pun yang terlewat. Dengan begitu, tingkat penggantian handphone pengguna pun akan berkurang. Beberapa cara di atas juga bisa diterapkan untuk menghemat baterai handphone lainnya.

 

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Xiaomi Terampuh"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel