Inilah Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan yang Perlu Diperhatikan

Pada masa sekarang ini, hampir semua orang tentu memiliki smartphone untuk digunakan sebagai media komunikasi. Smartphone adalah benda kecil yang berukuran segi empat dan bisa dibawa ke mana pun. Akan tetapi smartphone biasanya memiliki masalah utamanya pada bagian baterai. Dimana ada beberapa penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan oleh pemiliknya. 

Masih banyak orang yang tidak mengetahui hal apa yang menjadi penyebab baterai smartphone cepat habis meskipun tidak digunakan. Hal yang bisa menjadi penyebab adalah hal kecil yang tidak disadari oleh seseorang. Salah satu penyebab utamanya adalah memiliki aplikasi yang terlalu banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah paparan mengenai penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan.
 

1. Aplikasi yang Terinstal Terlalu Banyak 

Tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi bawaan smartphone akan menguras persentase baterai meskipun tidak digunakan. Mengapa demikian? Karena aplikasi seperti panggilan, alarm, browser, dan lain sebagainya akan memakan memori (RAM). Maka dari itu, sebaiknya tidak menginstal terlalu banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan karena dapat menguras daya tahan baterai. 

2. Keadaan Panas yang Dialami Smartphone 

Terkadang suhu smartphone dalam keadaan panas yang menyebabkan kapasitas baterai menjadi menurun tanpa disadari. Suhu panas biasa timbul akibat bermain game dalam jangka waktu yang lama dan game tersebut memiliki kapasitas penyimpanan yang berat. Panas yang terjadi pada saat bermain game belum sepenuhnya keluar sehingga meskipun layar dimatikan masih terasa panas. 

3. Baterai Smartphone Sudah Mulai Rusak atau Kadaluarsa 

Baterai smartphone pun bisa rusak atau memiliki masa kadaluarsa sehingga menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan. Karena kapasitas baterai semakin lama akan semakin berkurang dan membuat jangka pemakaian menjadi semakin pendek. Biasanya baterai yang rusak memiliki fisik yang kembung atau fisiknya tidak rata seperti bentuk awal. 

4. Baterai Smartphone Perlu Kalibrasi Ulang 

Kalibrasi baterai smartphone bisa dilakukan apabila telah mengisi baterai 100% namun tiba-tiba berkurang drastis. Hal tersebut terjadi jika pola pengisian daya yang salah dilakukan oleh pemilik smartphone. Sehingga persentase baterai smartphone bisa menjadi bermasalah dan menjadi penyebab baterai cepat habis meskipun tidak digunakan oleh pemilik. 

5. Kualitas Jaringan yang Tidak Stabil 

Jaringan seluler pada smartphone tidak selamanya selalu stabil. Ada kalanya kualitas jaringan tersebut tidak stabil dan menjadi penyebab tingginya konsumsi daya baterai smartphone. Dimana smartphone akan bekerja lebih keras agar bisa menangkap sinyal untuk digunakan. Solusi yang bisa dilakukan oleh pemilik adalah mematikan smartphone sementara waktu dan kemudian nyalakan kembali. 

6. Sistem Pada Smartphone Sedang Bermasalah 

Bukan hanya masalah sinyal yang sulit ditangkap oleh smartphone, namun sistem yang bermasalah pun menjadi penyebab baterai terkuras. Akan tetapi jarang yang mengetahui bahwa sistem dari smartphone mengalami masalah atau rusak. Maka dari itu, perlu dilakukan reset untuk mengatasi sistem yang bermasalah tersebut. Selain itu, seseorang juga perlu melakukan kalibrasi baterai untuk cek hal tersebut. 

7. Salah Satu Hardware Smartphone Mengalami Masalah 

Hardware atau komponen smartphone yang menghubungkan satu sama lain memang sangat banyak. Maka dari itu, jika ada salah satu hardware atau komponen yang rusak maka smartphone bisa saja tidak stabil untuk digunakan. Untuk mengatasi hal ini, seseorang bisa membawa smartphone tersebut ke tukang service. 

Beberapa penyebab terjadinya baterai smartphone menjadi terkuras sangat perlu diperhatikan. Karena beberapa penyebabnya adalah hal kecil yang sangat jarang disadari dan diperhatikan oleh seseorang. Memang masalah baterai menjadi masalah besar untuk smartphone karena tidak bisa dijalankan seperti sebelumnya. Maka dari itu, seseorang perlu memeriksa atau membawa ke tempat service. 

0 Response to "Inilah Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan yang Perlu Diperhatikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel