Cara Print Label Undangan 103 Paling Mudah

Cara Membuat Label Undangan Dalam 3 Langkah | www.ontakontak.com | Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan, lebih cepat dan tanpa menguras tenaga dan pikiran. Dengan cara mengikuti perkembangan jaman merupakan pilihan bagi kita demi menunjang pekerjaan. Dengan perkembangan di dunia teknologi terutama di bidang komputerisasi, saat ini menulis nama pada undangan menjadi lebih mudah.

Oleh karena itulah pada Tutorial Mirosoft Office Word Bahasa Indonesia kali ini akan membahas tentang Cara Membuat Label Undangan dalam 3 Langkah saja..

Dahulu menulis nama pada undangan harus menggunakan tulisan tangan, tapi sekarang menulis nama pada undangan bisa dengan dicetak menggunakan printer. Bayangkan saja jika mengundang 1000 tamu, jika harus menulis dengan tangan atau secara manual apa jadinya tangan kita, pasti pegalnya minta ampun. Nanti malah orang satu RT dipekerjakan semua hanya untuk menulis nama pada undangan. hehehe

Awalnya saya juga pusing, dulu waktu ikut membantu saudara nikahan, saya ikut menulis nama pada undangan, saking banyaknya tanganpun jadi pegal. Karena pengalaman itulah saya mencoba mencari tahu bagaimana Cara Membuat Label Undangan dengan cepat. Dan akhirnya saya menemukan trik Cara Membuat Label Undangan Dalam 3 Langkah.


Pada saat membuat format label undangan kita harus sangat-sangat teliti, karena langkah membuat label undangan ini cukup panjang. Jika satu langkah saja salah, maka hasilnya juga tidak akan rapi.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan sebelum memulai membuat label undangan:
1. Sediakan Komputer atau Laptop
2. Daftar nama undangan
3. Aplikasi Microsoft Word dan Excel
4. Kertas Label Undangan 103 (Bisa dibeli di toko buku atau tempat fotocopy terdekat)
5. Printer untuk mencetak

LANGKAH PERTAMA (MEMBUAT DAFTAR NAMA) :

1. Ketik daftar nama yang akan diundang menggunakan microsoft excel, sebagai contoh lihat gambar berikut.

Format penulisan nama dan alamat

Buatlah format seperti gambar di atas
No.         : Untuk mengetahui jumlah daftar yang di undang
Nama     : Untuk mengisi nama orang yang akan diundang berikut gelar jika ada.
Alamat   : Untuk menulis alamat orang yang akan diundang.

2. Ganti nama sheet dengan “Daftar Nama” (lihat gambar di atas). Jika sobat tahu cara mengganti nama sheet silahkan baca artikel Cara Mengganti Nama Sheet di Excel Sesuai Isi.
3. Kemudian simpan atau save nama-nama yang sudah diketik dengan nama file “Daftar Undangan” ini tidak wajib tapi untuk mempermudah.

LANGKAH KEDUA MEMBUAT FORMAT LABEL :

1. Buka lembar kerja baru Microsoft Word 
2. Kemudian klik menu Mailings > pilih Start Mail Merge > Pilih Labels, lihat gambar dibawah.


3. Kemudian  pilih New Labels > Ok, lihat gambar dibawah ini.


4. Kemudian kita buat ukuran sesuai kertas label. Pengukuran harus dilakukan dengan sangat teliti. sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini.


Keterangan :
Label name : untuk memberi nama label
Top margin : Jarak lebar margin atas
Side margin : Jarak lebar margin pingir
Vertical patch : tinggi label + margin yang berada diantara kedua label secara vertikal
Horizontal Patc : lebar label + margin yang berada diantara kedua label secara horizontal
Label height : tinggi label
Label width : lebar label
Number across : jumlah kolom label
Number down : jumlah baris pada label
Page size : pilih custom saja
Page width : lebar pada lembar label tersebut
Page height : tinggi pada lembar label tersebut

Ini hanya contoh pengukuran pada label yang saya praktekan, meskipun sama-sama label undangan 103 tetapi terkadang ukurannya berbeda. Dalam mengukur perhatikan gambar berikut ini, supaya tidak keliru, perhatikan tanda panah.
Keterangan label details
5. Jika sudah klik OK > Klik Ok lagi, maka akan keluar halaman Microsoft word yang sudah terbentuk kolom seperti pada kertas label. Artinya format label sudah jadi, tinggal memasukan nama-namanya.



LANGKAH KETIGA MEMASUKAN NAMA KE FORMAT LABEL :

1. Letakan cursor di dalam kolom label pertama (kolom nomor satu pojok kiri atas), atau lihat gambar di atas jika bingung.
2. Klik Menu Mailings > pilih Select Recipients > Use Existing List > cari file Daftar Undangan (file yang dibuat pada langkah pertama) > open


3. Kemudian pilih sheet “Daftar Nama” > Ok


4. Untuk menyisipkan Nama, pilih menu Mailings > pilih Insert Merge Field > "Nama"


Akan menjadi seperti gambar di bawah ini.


Kemudian letakan cursor di bawah nama dengan cara enter.
Untuk memasukan alamat dengan cara ulangi langkah nomor 4, pilih menu Mailings > pilih Insert Merge Field > “Alamat”. Hasilnya seperti gambar di bawah


6. Kemudian silahkan edit jenis huruf dan ukuran huruf, spasinya sesuai keinginan

7. Untuk mengisi kolom selanjutnya dengan nama dan alamat secara otomatis dengan cara Klik menu mailings > update labels. Jika sudah maka akan menjadi seperti gambar di bawah ini.


8. Kemudian klik menu mailings > klik Finish & Merge > pilih Edit Individual Documents. Akan muncul pemberitahuan kemudian pilih "All" > Ok.


Semua proses sudah selesai dan semua daftar nama sudah masuk semua keformat labels dan tahap terakhir adalah tahap pencetakan atau printing. Untuk print tempatkan kertas pada posisi landscape atau miring. (Sebelum diprint coba dahulu menggunakan kertas biasa untuk mengetes).


Sampai disini tutorial Cara Membuat Label Undangan dengan Word. Silahkan untuk dipraktekan. Jika sobat lebih suka belajar menggunakan video, ontakontak juga menyediakan tutorialnya dalam versi video di chanel youtube resmi milik ontakontak.

Sebelum sobat menutup artikel Cara Membuat Label Undangan Dalam 3 Langkah ini, jika ada yang ditanyakan silahkan dengan cara berkomentar. Jika ada salah kesalahan dalam bahasa maupun tutorialnya silahkan untuk memberikan masukan supaya bisa diperbaikai.

Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan dishare kepada teman-teman sobat. Terimakasih.

11 Responses to "Cara Print Label Undangan 103 Paling Mudah"

  1. Pas mencetak lebelnya bergeser, jadi hasilnya miring ( Printer Epson L310 ). Solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika labelnya yang bergeser, brti printer tidak menarik secara sempurna. Coba pas print sambil dipegangin kertasnya. Tapi jika printer menarik secara sempurna dan hasilnya gak pas, berarti ukuran labelnya sedikit berbeda, silahkan buat ulang label dengan mengisi detail label sesuai dengan kertas label sobat. terimaksih

      Delete
  2. pas ngeprint harus ganti ukuran kertasnya ga? kalo iya jadi ukuran berapa ya? makasih

    ReplyDelete
  3. Sy pakai label TJ 103, format labelnya dwnld dr TJ.. Namun setelah selesai mengetik d tmpt yg sdh d sediakan hasil printan nya selalu meleset ngga pas berada d label nya. Bgmna gan mohon penjelasannya, apa ada yg harus d rubah sblm d print baik itu uk kertas / yg lainnya.. tks sblmnya

    ReplyDelete
  4. mas kalau punyaku satu lembar jadi 1 nama sama semua

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kak. Ini membantu bgt^^

    ReplyDelete
  6. Sudah om.
    Tapi hasilnya tetap terpotong di label

    ReplyDelete
  7. sudah di coba tpi waktu di print kok gak bisa ya

    ReplyDelete
  8. Bg minta no wa nx bg saya
    Tdi saya print pake label 103yg merk nx ABC Trus lebat k bawah nx kurang bg

    ReplyDelete
  9. Makasi kak sangat membantu 🤗👍

    ReplyDelete
  10. Super site! I am Loving it!! Will return again, Im taking your sustenance moreover, Thanks. print stickers for cheap

    ReplyDelete