Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word - Assalamu'alaikum Wr. Wb berjumpa lagi dengan blog www.ontakontak.com tentunya dengan tutorial-tutorial yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial "Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word ".


Dalam menyusun sebuah buku atau karya ilmiah baik itu makalah, skripsi maupun berupa laporan harus sesuai dengan sistematika penulisan yang sudah ditentukan. Salah satu yang harus ada dalam sistematika penulisan yaitu daftar isi. Daftar isi berfungsi sebagai indeks halaman, yaitu membantu pembaca dalam mencari halaman. Dalam pembuatan daftar isi di microsoft word terdapat dua pilihan yaitu secara otomatis dan secara manual. Keuntungan membuat daftar isi secara manual yaitu hasilnya jauh lebih rapih ketimbang secara otomatis. Berikut ini adalah tutorial Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word.

Langkah-langkah Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word :

1. Buka lembar kerja Microsoft Word sobat, dan buatlah kerangka daftar isi sesuai dengan sistematika yang sudah ditentukan. Berikut ini adalalah contohnya.

2. Kemudian Blok kerangka daftar isi yang sudah dibuat ➔ Klik menu HomeParagraph


3. Pada tampilan menu paragaraph berikut ini ➔ Klik Tabs


4. Pada tahap ini kita harus membuat tabs stop. Sebagai contoh saya akan membuat 2 tabs stop
Tabs Stop Pertama (Untuk membuat titik titik otomatis) : 
Tab stop position : 13 cm
Alignment : Left
Leader : 2........
Klik Set


Tab Stop Kedua (Tempat pemberian nomor halaman) :
Tab stop position : 14 cm
Alignment : Right
Leader : 2 None
Klik Set
Klik Ok

5. Letakan cursor di bagian akhir kalimat, kemudian klik tombol tab dua kali
Saat menekan tombol tab satu kali akan muncul titik-titik otomatis
kemudian saat menekan tombol tab kedua kali ketiklah nomor halaman



Catatan :
Posisi tabs stop silahkan untuk disesuaikan masing-masing, contoh diatas adalah posisi tabs stop dengan margin kertas kiri 4 dan margin kanan 3. Tentunya jika margin sobat berbeda posisi tabs stop juga berbeda.

Bagaimana sobat sudah gak bingungkan membuat daftar isi. Sekarang, silahkan sobat untuk mempraktekannya supaya ilmunya tidak lupa. Semoga bermanfaat ya sobat.

Bagi sobat ontak yang lebih suka belajar menggunakan video, ontakontak juga menyediakan tutorial versi videonya.

Sebelum menutup artikel Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word ini silahkan memberikan komentar melalui kolom komentar di bawah. Dan jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan untuk dishare kepada teman-teman sobat supaya mereka bisa tahu. Terimakasih.

1 Response to "Cara Baru Membuat Daftar Isi di Microsoft Word "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel