5 Cara Menghemat Kuota Saat Main Game Online agar Irit Keuangan

Memainkan game online dengan menggunakan kuota pribadi tentu dapat membuat boros keuangan. Terlebih lagi banyak yang tidak mengetahui cara menghemat kuota saat main game online. Akibatnya, jika terlalu lama bermain game maka tanpa disadari akan menghabiskan banyak kuota internet.

Meskipun, bermain game online merupakan hobi yang menyenangkan. Namun kegiatan ini seakan tidak sejalan dengan keadaan keuangan di akhir bulan. Apalagi saat bermain game, seseorang terkadang keasyikan dan tidak bisa mengontrol jumlah kuota yang dihabiskan. Untuk itu, berikut cara yang bisa dilakukan dalam menghemat kuota saat bermain game online:


1. Tidak Mengaktifkan Notifikasi Media Sosial 


Hindari untuk bermain game sembari menggunakan media sosial. Karena, media sosial dapat menyedot banyak kuota. Apalagi bila memainkan media sosial yang di dalamnya banyak terdapat video atau foto. 

Dengan cara tidak mengaktifkan notifikasi media sosial, secara otomatis hal ini dapat menghemat penggunaan kuota di kala bermain game online. Jangan lupa juga untuk menjaga agar sinyal internet lancar dan tidak putus-putus. Mengingat, semakin sinyal sulit didapat maka semakin banyak kuota pula yang akan digunakan. 

2. Menggunakan Aplikasi Data Manager 


Salah satu cara menghemat kuota saat main game online yaitu dengan memanfaatkan aplikasi data manager untuk mengatur penggunaan kuota internet. Aplikasi ini dapat mengatur batas data penggunaan kuota internet. 

Apabila penggunaan kuota internet telah mencapai batas maksimum, biasanya akan muncul peringatan pada smartphone yang digunakan. Aplikasi ini dapat didapatkan melalui playstore ataupun appstore. 

3. Mematikan Fitur Auto pada Game 


Biasanya pada game online terdapat fitur berupa update secara otomatis atau biasa dikenal dengan auto update. Melalui fitur ini, seseorang bisa melakukan updating secara tanpa harus menekan tombol update terlebih dahulu. 

Dalam proses updating, tentu saja membutuhkan banyak kuota internet. Bahkan bisa jadi, kuota internet tersedot secara tiba-tiba. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, maka hal yang perlu dilakukan yaitu dengan mematikan fitur otomatis ini. 

4. Menjaga Koneksi Internet Tetap Stabil 


Saat bermain game online, perlu untuk sekali-kali mengecek bagaimana koneksinya. Apakah stabil atau justru naik turun. Karena, kondisi jaringan yang tidak stabil dapat menambah penggunaan kuota internet. Bahkan, bisa menyebabkan game keluar atau log out secara tiba-tiba. 

Hal ini tentunya sangat dihindari bagi seorang pemain game. Bisa jadi koneksi yang tidak stabil lah yang membuat game keluar tiba-tiba. Selain itu, baterai hp yang digunakan untuk bermain game biasanya juga akan cepat habis. Hal ini lantaran, jaringan yang buruk membuat hp bekerja keras untuk mencari sinyal. 

5. Menggunakan Wifi Atau Hotspot Gratis 


Bagi pecinta game, menggunakan wifi atau hotspot gratis menjadi cara yang paling banyak dipilih. Dengan cara ini, otomatis kuota internet tidak akan tersedot. Sehingga, kuota yang ada di hp dapat dihemat. 

Wifi atau hotspot gratis dapat ditemui di tempat-tempat yang biasa dipakai sebagai fasilitas umum. Seperti, cafe, taman kota, tempat makan, kantor, sekolah dan sebagainya. Walau begitu, saat menggunakan fasilitas ini di cafe atau tempat makan tentu tidak secara cuma-cuma. Biasanya hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli minuman di tempat tersebut. Namun cara ini menjadi cara yang cukup efektif jika digunakan. 

Kira-kira cara menghemat kuota saat main game online di atas dapat dicoba dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, kontrol tetap berada pada diri seseorang. Jadi jangan terlalu bergantung dengan cara-cara di atas. Kelima cara itu hanya bisa digunakan sebagai alternatif dalam menghemat penggunaan kuota internet saat bermain game online. 

0 Response to "5 Cara Menghemat Kuota Saat Main Game Online agar Irit Keuangan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel