Inilah Cara Mengaktifkan GPS di Iphone Bagi Pemula

Semua telepon genggam yang diproduksi pada era serba digital pasti memiliki fitur GPS atau Global Positioning System. GPS merupakan sistem yang berfungsi memberikan bantuan pada pengguna telepon genggam untuk melakukan navigasi. Akan tetapi untuk pengguna Iphone baru seringkali kebingungan mengetahui cara mengaktifkan GPS di Iphone yang berbeda dari brand lainnya. 


Berkat kehadiran GPS, pengguna telepon genggam dapat melakukan navigasi dalam jarak dekat maupun jauh dengan mudah dan akurat. Sebelum era digital untuk melakukan navigasi ke suatu tempat akan menggunakan peta atau bertanya dengan masyarakat di tempat. Sehingga fitur GPS ini sangat penting di berbagai produk smartphone atau ponsel pintar. 

Selain itu, GPS juga berfungsi untuk memberikan petunjuk bagi pengguna yang kehilangan telepon genggamnya. Sehingga pengguna mampu melacak keberadaan telepon genggamnya yang hilang dengan catatan pengguna tidak pernah menonaktifkan GPS. Oleh karena itu, untuk meminimalisir potensi yang tidak diinginkan ada baiknya pengguna memahami cara mengaktifkan GPS di Iphone sebagai berikut: 

1. Pilih Settings di Layar Utama Iphone Anda 


Sebelum menemukan fitur GPS atau layanan lokasi, pengguna akan memasuki halaman pertama pada telepon genggam Iphone. Pada halaman pertama akan ditemukan sebuah app yang tertulis kata Settings. Pilih app Settings, maka berikutnya pengguna dapat melihat beragamnya pilihan yang menawarkan berbagai fungsi untuk mengatur Iphone pengguna.

 
2. Pilih Privacy 


Setelah melihat berbagai pilihan dalam app Settings. Pengguna akan menyadari bahwa pengguna bisa mengaturnya sesuai keinginan pengguna. Salah satunya seperti ingin berselancar di internet dengan memilih fitur Wifi atau Cellular. Akan tetapi jika tujuan pengguna untuk mengaktifkan GPS atau layanan lokasi. Maka pengguna memilih fitur yang tertulis privacy atau privasi. 

3. Pilih Location Services 


Jika pengguna telah memilih fitur Privacy atau privasi, maka pengguna akan menemukan fitur yang lebih detail daripada sebelumnya. Untuk mengaktifkan GPS, pengguna langsung saja memilih fitur Location Services atau Layanan Lokasi. Selain Location Services, dalam fitur Privacy juga tersedia berbagai fitur untuk mengatur Calendars, Reminders, Camera, dan lainnya 

4. Pilih Share My Location 


Setelah mengaktifkan Location Services atau layanan lokasi, pengguna akan dihadapkan berbagai pilihan untuk Share My Location atau Bagikan Lokasi Saya. Fungsi dari Share My Location ialah memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengizinkan aplikasi yang telah diunduh mengakses lokasi pengguna atau tidak, karena aplikasi yang telah diunduh bisa melihat lokasi pengguna. 

5. Pilih Aplikasi -> Pilih Never/Ask Next Time/While Using The App/Always 

Pengguna akan diberikan tiga pilihan untuk mengizinkan aplikasi yang diunduh bisa membaca lokasi pengguna ketika sedang mengaksesnya. Pertama, pilihan Never atau Jangan Pernah. Pilihan pertama ini berfungsi untuk menghalangi berbagai aplikasi untuk bisa mengakses lokasi pengguna. 

Kemudian, pilihan kedua yaitu Ask Next Time atau Minta Lain Kali. Pada pilihan ini, setiap pengguna membuka aplikasi, pengguna akan dihadapkan pilihan untuk mengizinkan aplikasi bisa mengakses lokasi atau tidak. Setelah itu, ada pilihan ketiga yaitu While Using the App atau saat menggunakan App. 

Pada pilihan ketiga ini, pengguna mengizinkan aplikasi yang sedang dibuka dapat mengakses lokasi pengguna secara bersamaan. Lain halnya dengan pilihan terakhir yaitu Always atau selalu. Melalui pilihan ini, pengguna mengizinkan aplikasi yang sedang dibuka maupun di latar belakang dapat mengakses lokasi pengguna. 

Setelah mengetahui cara mengaktifkan GPS di Iphone. Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi menawarkan empat pilihan untuk izin mengakses lokasi pengguna. Beberapa di antaranya hanya memberikan dua pilihan. Oleh karena itu, pilihlah dengan bijak sesuai keperluan dan kenyamanan pengguna untuk mengizinkan aplikasi yang telah diunggah dapat mengakses lokasi pengguna.

1 Response to "Inilah Cara Mengaktifkan GPS di Iphone Bagi Pemula"

  1. GPS Reviews is perceived as one of the best 100 tech writes by CNet and was referenced In the Washington PostADN GPS

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel